Dosen PGSD dan PTIK berkolaborasi melaksanakan Pengabdian tentang Multimedia TAVAGIS berbasis Prezi untuk Guru SD


Dosen PGSD dan PTIK berkolaborasi melaksanakan Pengabdian tentang Multimedia TAVAGIS berbasis Prezi untuk Guru SD

   

 

Pada tahun 2019, Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kembali menyalurkan hibah pendanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tahun 2019. STKIP Muhammadiyah Kuningan melalui Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPKM) turut mendapat hibah tersebut untuk kegiatan pengabdian masyarakat Program Kemitraan Masyarakat. Salah satu tim PKM yang telah merealisasikan kegiatan PKM tersebut adalah Ibu A.K.Pramudika Sari,M.Pd yang merupakan dosen PGSD, berkolaborasi dengan Ibu Dyah Puteria Wati,M.Kom, dosen PTIK beserta Cucu Adhikomara,S.Pd sebagai ahli IT. Adapun kegiatan tersebut adalah “Pelatihan Pembuatan dan Pendampingan Penerapan Multimedia TAVAGIS berbasis Prezi Kurikulum 2013 untuk guru SD”.

Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah guru-guru SD kelas 4 se-Kecamatan Kuningan. Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Bapak Drs.Ayip Syarif Rahmat,M.Pd., pada hari Jumat, tanggal 19 Juli 2019 di Gedung B Lantai 3 STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Ketua TIM PKM Ibu A.K.Pramudika Sari,M.Pd mengatakan “Setelah pelatihan ini berakhir, tim akan melakukan pendampingan penerapan produk yang telah dihasilkan oleh peserta, ke sekolah-sekolah pada awal bulan Agustus 2019.”

“Pendampingan dilaksanakan agar dalam penerapan multimedia TAVAGIS berbasis Prezi dapat berjalan dengan maksimal di sekolah masing-masing, tidak hanya berhenti begitu saja pada saat pelatihan berakhir”, lanjut Ibu Dyah Puteria Wati,M.Kom. yang merupakan anggota tim PKM.

Sementara itu, Ketua LPKM Bapak Nunu Nur Firdaus,M.Pd menyatakan “Alhamdulillah, masih ada dua tim PKM lagi yang lolos hibah Dikti sedang melaksanakan kegiatan di kecamatan mitra masing-masing.”

Harapannya, semoga kegiatan ini dapat menambah wawasan bagi para peserta mengenai penggunaan IT dalam pembelajaran kurikulum 2013 di era revolusi industri 4.0.