STKIP Muhammadiyah Kuningan Menjadi Universitas Terbaik di Kuningan Jawa Barat

Senin, 13 Juni 2022, 17:40 WIB. Dibaca 118 Kali


STKIP Muhammadiyah Kuningan - Saat ini menjadi momentum untuk mencari universitas terbaik yang di dambakan para adik-adik calon mahasiswa dari lulusan SMA/SMK, MA/MK di seluruh daerah indonesia. Khususnya di daerah provinsi jawa barat tepat nya di 3 wilayah cirebon ada salah satu universitas terbaik di kuningan yang dekat dan bisa menjadi pilihan untuk melanjutkan jenjang tinggi.

Mudah nya informasi yang bisa di dapatkan saat ini baik itu dari media sosial, internet, webite untuk mencari tahu lebih lanjut tentang universitas terbaik, fakultas terbaik, dan program studi terbaik sesuai minat passion yang dimiliki jelas universitas terbaik di kuningan jawa barat sudah menjadi rekomendasi dari para masyarakat luas.

Berbicara memilih universitas di kuningan jawa barat, ini erat kaitannya sesuatu yang memiliki nilai lebih dibandingkan dengan kompetitornya baik itu dari segi fasilitas, SDM yang mempuni dibidangnya masing-masing dan selalu menciptakan alumni dengan lulusan terbaik.

Salah satu universitas terbaik di kuningan jawa barat adalah STKIP Muhammadiyah Kuningan merupakan perguruan tinggi yang berlatar belakang atau berfokus pada pendidikan. Dengan usianya yang masih sangat muda berdiri dari 22 Desember 2010 sampai saat ini sudah berumur 12 tahun an dan dengan umur yang masih muda ini STKIP Muhammadiyah Kuningan tidak kalah dengan universitas atau kampus yang berdiri jauh lebih dulu dan bisa bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

 

Profil Kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan

Menjadi salah satu universitas terbaik di kuningan STKIP Muhammadiyah Kuningan merupakan perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, yang berada di bawah naungan Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (Majelis Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Kampus ini berdiri sejak 22 Desember 2010 berdasarkan Surat Keputusan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor. 223/D/0/2010, terhitung sampai tahun 2021 kampus ini memiliki 55 dosen tetapdan 4.406 alumni.

Keberadaan kampus terbaik di kuningan, Memiliki kegiatan yang ada di STKIP Muhammadiyah Kuningan melingkupi Catur Dharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat dan dakwah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.

Memiliki Moto Unggul dalan Pendidikan, Teknologi dan Kewirausahaan. Saat ini Nanan Abdul Manan, M.Pd. sebagai Rektor STKIP Muhammadiyah Kuningan dengan jumlah mahasiswa samapi saat ini sekitar 5,400 dan siap menjadi universitas terbaik di jawa barat yang mampu bersaing dengan kampus lain.

 

Daftar Program Studi

Berlatar belakang pendidikan ada beberapa program studi di STKIP Muhammadiyah Kuningan merupakan program studi keguruan terakreditasi 100% B BAN-PT, dengan rincian sebagai berikut:

1. PTIK - Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (S1)
2. PJKR - Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (S1)
3. PMTK - Pendidikan Matematika (S1)
4. PG-PAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini (S1)
5. PBSD - Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (S1)
6. PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)

 

VISI MISI

“Menjadi Perguruan Tinggi yang Unggul dalam Bidang Pendidikan, Teknologi dan Kewirausahaan yang Berlandaskan Nilai-nilai Islam”

 

MISI

Dengan menetapkan visi yang telah disepakati, maka langkah-langkah strategis dan sinergis dilakukan dengan tahapan sebagai berikut :

1. Meningkatkan proses pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang unggul dengan basis ilmu pendidikan dan keguruan yang terprogram dan terarah pada program studi yang diselenggarakan.
2. Mentransformasikan perkembangan teknologi kekinian dengan basis analisis kebutuhan dalam proses pendidikan dan pengajaran yang mengedepankan nilai-nilai inovatif.
3. Menumbuhkembangkan kreativitas kewirausahaan yang merupakan diversifikasi luaran pendidikan dan pengajaran dengan basis keilmuan kolaboratif.
4. Menginternalisasikan nilai-nilai ajaran Islam dan tujuan Persyarikatan Muhammadiyah pada setiap pelaksanaan Catur Darma Perguruan Tinggi Muhammadiyah dengan pola keteladanan dan habituasi amal soleh yang harus dilakukan oleh segenap civitas akademika.

 

TUJUAN

Tujuan penyelenggaraan pendidikan di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kuningan adalah :

1. Tercapainya lulusan sarjana pendidikan yang memiliki keunggulan pada tingkat nasional maupun internasional sesuai dengan kompetensi bidang ilmu yang diselenggarakan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kuningan.
2. Tercapainya peningkatan pelayanan akademik dan non akademik berbasis teknologi sesuai dengan perkembangan kebutuhan civitas akademika STKIP Muhamamdiyah Kuningan.
3. Tercapainya jumlah minimal 50 persen edutekpreuneur (cakap dalam pendidikan dan pengajaran, terampil dalam teknologi dan mandiri dalam ekonomi) setiap tahun.
4. Tercapaianya internalisasi nilai-nilai ajaran Islam dan tujuan Persyarikatan yang sesuai dengan tujuan perserikatan pada setiap pelaksanaan catur darma perguruan tinggi dengan pola keteladanan dan habituasi amal soleh yang harus dilakukan oleh segenap civitas akademika.

 

MOTTO

Motto atau nilai-nilai filosifis yang dianut oleh sivitas akademika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kuningan adalah : “Unggul Dalam Pendidikan, Teknologi Dan Kewirausahaan”

 

Prospek Lulusan

1. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (S1), Akreditasi B, Prospek Lulusan:

- Pengajar, Praktisi IT
- Laboran, Software Developer, Network Enggineer
- Animator dan Multimedia Expert
- Internet Marketer (Pembisnis Online)

 

2. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (S1), Akreditasi B, Prospek Lulusan:

- Pengajar
- Atlet, Pelatih, Wasit
- Masseur dan Fisioterapis

 

3. Pendidikan Matematika (S1), Akreditasi B, Prospek Lulusan:

- Pengajar, Konsultan
- Instruktur Workshop
- Penulis Buku Ajar

 

4. Pendidikan Guru Anak Usia Dini (S1), Akreditasi B, Prospek Lulusan:

- Pengajar
- Pengelola TK/Play Group/TPA
- Produsen Alat/Media Ajar

 

5. Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (S1), Akreditasi B, Prospek Lulusan:

- Pengajar Bahasa Sunda
- Seniman, Budayawan, Sastrawan
- Penulis

 

6. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1), Akreditasi B, Prospek Lulusan:

- Pengajar
- Pengelola SD
- Produsen Alat/Media Ajar

 

Pusat Studi

Menjadi universitas daerah kuningan jawa barat STKIP Muhammadiyah Kuningan memiliki beberapa pusat studi yang dikembangkan unutk mendalami salah satu bidang studi yang sesuai dengan kebutuhan di masyarakat sekitar, Pusat studi yang ada di STKIP Muhammadiyah Kuningan sebagai berikut:

1. Pusat studi dan pengembangan olahraga dan pemainan tradisional
2. Pusat studi dan pengembangan seni budaya sunda
3. Pusat studi dan pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
4. Pusat studi dan pengembangan media pembelembelajaran sekolah dasar (SD)
5. Pusat studi dan pengembangan sains dan teknologi

 

Tips Memilih Jurusan

Pentingnya memperhatikan aspek apa saja ketika memilih jurusan di kampus daerah kuningan jawa barat yang di inginkan biar tidak salah piih jurusan dikemudian hari. Terkadang dalam memilih jurusan ini apakah kemauan pribadi, kemauan orang tua, atau juga kar ikut-ikut an temen yang lain. Dibawah ini ada beberapa hal yang bisa jadi tolak ukur sebelum memilih jurusan atau progra studi yang diminati:

1. Sesuaikan Dengan Minat Dan Bakat Yang Dimiliki
2. Lakukan Riset Dan Analisa Jurusan-Jurusan Kuliah Yang Berprospek
3. Konsultasi Dengan Orang Yang Sudah Berpengalaman Di Jurusan Tersebut
4. Jangan Memilih Jurusan Atau Program Studi Hanya Karena Memiliki Prospek Masa Depan
5. Jangan Terpaku Pada Nilai Pelajaran Yang Disenangi Sebelumnya
6. Jangan Abaikan Bakat Dan Minat Diri Sendiri
7. Paling Penting Jangan Ikut-Ikutan Teman Kamu

 

Program Perkuliahan

Ada beberapa program untuk mendaftar pada salah satu program studi, kami sediakan:

1. Kelas Reguler dan Karyawan yang pleksibel
2. Jalur Pendaftaran Pindahan/Lanjutan, Regilar Tes Tulis/PMDK, dan Penyetaraan/RPL

 

Waktu Pendaftaran

Untuk waktu pendaftaran mahasiswa baru di STKIP Muhammadiyah Kuningan itu terdiri dari 3 gelombang setiap tahunnya, Informasi detailnya sebagai berikut:

1. Gelombang 1, 01 Oktober 2021 - 28 Februari 2022 (Bonus: Potongan SPP Pertama sebesar 50%)
2. Gelombang 2, 01 Maret 2022 - 31 Mei 2022 (Bonus: Potongan SPP Pertama sebesar 25%)
3. Gelombang 3, 01 Juni 2022 - 31 Agustus 2022 (Tanpa Bonus)

 

Catatan: Alumni Sekolah Muhammadiyah dapat potongan SPP Pertama 50% (Tidak termasuk dalam Gelombang)

 

Persyaratan: 

- FC. Ijazah Terakhir
- FC. Kartu Keluarga
- FC. KTP/Akta Lahir/Surat Keterangan

 

Biaya Kuliah

Rincian Keuangan yang harus di selesaikan ketika awal masuk menjadi mahasiswa baru sebagai berikut:

- Uang Pendaftaran ~ Rp 200.000,-
- Uang Pangkal ~ Rp 1.000.000,- (Satu Kali Di Awal Masuk)
- SPP ~ Rp 500.000/Bulan

 

Untuk informasi lebih lengkap bisa mengunjungi website pmb.upmk.ac.id terkait informasi pendaftaran online, biaya, beasiswa, dan yang lainnya.

Cara pendaftaran sangat mudah, cukup mengisi formulir online di situs pmb.upmk.ac.id atau bisa langsung datang ke kampus, dilanjutkan dengan menyerahkan berkas pendaftaran lalu mengikuti tes seleksi.

 

Beasiswa Unggulan

Setiap tahun STKIP Muhammadiyah Kuningan selalu memfasilitasi beasiswa bagi para mahasiswa berprestasi dan atau ekonomi kurang mampu, Berikut daftar beasiswa yang tersedia:

1. Beasiswa KIP Kuliah
2. Beasiswa Aktivis Sekolah
3. Beasiswa Tahfidz
4. Beasiswa UKT
5. Beasiswa Baznas
6. Beasiswa Lazismu
7. Beasiswa Prestasi

 

Program Unit Kegiatan Mahasiswa

Ada beberapa unit kegiatan mahasiswa yang bisa di ikuti oleh seluruh program studi dengan tujuan untuk meningkatkan potensi dan skli diluar perkuliahan sehingga menjadi perguruan tinggi di kuningan jawa barat yang berkualitas, Unit kegiatan mahasiswa yang ada di STKIP Muhammadiyah Kuningan sebagai berikut:

1. Mentoring
2. Leadership Program
3. Magang
4. Hypnotaching
5. Enterprenership
6. E-Commerce
7. Internet Marketing
8. Photografi
9.Broadcast Jurnalism
10. Baca Tulis Al-Qur'an
11. Bimbingan Bahasa Asing
12. Bela Diri Tapak Suci
13. Hizbul Wathan/Kepanduan
14. Sepak Bola, Bola Voli
15. Futsal, Karatem Atletik
16. Panahan, Dayung
17. Olimpiade, Ilmu Falak
18. Lingkung Seni Musik
19. Bengkel Sastra
20. Islamic Studi Club
21. Mapala
22. Dan masih banyak yang lainnya

 

Prestasi Mahasiswa

Lebih dari 50 prestasi mahasiswa setiap tahunnya, dari berbagai program studi dan prestasi yang didapatkan:

  1. Juara I Soccer Battle Campus Futsal Se-Jawa Barat
  2. Juara II Sepak Bola Piala Menpora U-21
  3. Juara I Lomba Media Pembelajaran Tingkat Jawa Barat
  4. Juara I Duta Baca Perpustakaan Jawa Barat
  5. Juara I Tapak Suci bandung Lautan Api
  6. Setiap tahun mewakili pemuda pelapor pada tingkat jawa barat
  7. Juara I Java Futsal Land UNSOED Purwokerto
  8. Juara I Duta GenRe BKKBN Jawa Barat
  9. Juara Lomba PAUD PTM Tingkat Nasional
  10. Juara Umum Media Pembelajaran Matematika LIMAS Jawa Barat XIX
  11. Juara I Lomba Tenis Meja antar ORDA Cirebon
  12. Juara I Cabor BMX Freestyle Festival Olahraga Rekreasi Provinsi
  13. Dan masih abanyak prestasi mahasiswa yang lainnya.

 

Tempat/Alamat kampus

Alamat: Jl. RA Moertasiah Soepomo No.28 B Kuningan 45511
Telepon: (0232) 874085
Kontak Admin: 0811-2233-0393

Contact Person PMB (Telp./SMS/WA)
0891-3095-6909 (Oman Suryaman, M.Pd.)
0821-1970-1925 (Admin PMB)

 

Kesimpulan

Dari informasi diatas bahwansannya dimanapun universitas nya apapun jurusan program studi nya yang harus kita lakukan sabagai mahasiswa ya dengan ikuti proses dengan sebaik-baiknya. Percayalah apapun bidang yang kita ambil itu punya peluang dan prosepek nya masing-masing untuk masa yang akan datang, Tapi di tulisan kali ini salah satu universitas tebaik di kuningan jawa barat STKIP Muhammadiyah Kuningan bisa menjadi pilihan buat adek-adek calan mahasiswa untuk jenjang pendidikan tinggi nya universitas swasta di kuningan jawa barat.


Logo STKIP Muhammadiyah Kuningan
© 2020 Sistem Data Informasi STKIP Muhammadiyah Kuningan
Jl. R.A Moertasiah Soepomo No.28B Kuningan Jawa Barat, 45511 | Email: info@upmk.ac.id | Phone (0232) 874085
Credit Site | Legal | FAQ